Cara Menghilangkan Gundah Hati

Standard
TIDAK seorangpun di dunia ini yang bisa hidup lama dan sehat tanpa punya keinginan untuk itu. Kadangkala, kemampuan untuk menyesuaikan keadaan jiwa atau perasaan dengan suasana yang sedang dihadapi bahkan bisa membuat kita merasa hidup ini telah memberikan terlalu banyak kenikmatan kepada kita.



Dengan perasaan yang resah tidak hanya membuat kita melihat segala-galanya menjadi suram, tapi juga akan menurunkan fungsi kekebalan tubuh kita, yang bisa menyebabkan kita jatuh sakit.

Berikut adalah beberapa saran untuk mengusir hati yang resah dan gundah guna membangkitkan semangat dan menyehatkan tubuh Anda.
  1. Manfaat Tertawa
    "Terapi Tertawa" yang dipelopori oleh Norman Cousins, telah berubah jadi memiliki substansi yang begitu riil. Riset membuktikan bahwa tertawa dan penuh kegembiraan bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, terutama produksi sel-sel pembunuh alamiah yang membantu mempertahankan tubuh dari penyakit dan kanker.
    Tertawa juga mempertinggi tingkat pelepasan endorphin, zat yang memberikan perasaan sehat, di dalam otak Anda. Tidak bisa disangkal lagi bahwa mereka yang selalu penuh kegembiraan akan hidup lebih sehat dan lebih lama.
    Oleh karenanya, baca sajalah komik kegemaran Anda, saksikan pertunjukan komedi atau lawak yang Anda sukai, dan lepaskanlah gelak-tawa Anda kapan saja Anda terpancing untuk itu.
  2. Pemulihan Pemikiran
    Manakala ketidakseimbangan atau ketidak-cukupan (apa saja) menyebabkan timbulnya pemikiran yang buruk, orang Eropa menggunakan suplemen zat alamiah yang terdapat di dalam sel tubuh manusia untuk mengatur keadaan jiwa dan memulihkan pemikiran yang sehat. SAMe (S-adenosyl-L-methionine) diproduksi dari methionine, asam amino yang berperan dalam produksi neurotransmitter yang menggembirakan pikiran seperti serotonin dan depamine.
    Menurut sebuah penelitian, SAMe bekerja cukup baik pada diri pasien yang tidak berhasil dengan pengobatan antidepresi konvensional.Untuk mendapatkan daya dorong dari SAMe, gunakanlah suplemen yang dikombinasikan dengan vitamin B6 dan B12.
  3. Mengatur Penyembuhan
    Sentuhan tangan seseorang akan meningkatkan produksi endorphin, hormon pertumbuhan, dan DHEA, semuanya akan memperpanjang rentang hidup Anda dan mengurangi dampak negatif stres.
    Penelitian membuktikan bahwa pasien yang secara teratur mendapat sentuhan akan mengalami pemulihan yang jauh lebih cepat dibandingkan yang tidak mengalami demikian. Oleh sebab itu, berikanlah sentuhan dan pelukan, dan rasakanlah bagaimana keadaan jiwa Anda berdua akan jadi demikian membaik karenanya.
  4. "Hormon Remaja"
    Anda tidak perlu menelan pil untuk membanjiri tubuh Anda dengan hormon pertumbuhan remaja. Riset membuktikan bahwa dengan berjongkok atau membuat kaki Anda tertekan akan sangat berperan dalam meningkatkan produksi alamiah "hormon remaja" Anda.
    Hormon remaja yang bertambah akan membuat keadaan jiwa Anda mencapai level begitu tinggi yang akan memberikan banyak keuntungan di antaranya keuntungan fisik. Tetaplah lakukan olahraga angkat berat, menekukkan lutut, dan olahraga dayung.
  5. Pernapasan
    Bernapas dengan benar sangat penting untuk membuang racun dan kotoran dari tubuh Anda. Faktanya, diperkirakan kita membuang hanya sekitar 30 persen racun di dalam tubuh kita melalui Buang Air Besar (BAB) dan buang air kecil dan sisanya melalui pernapasan.
    Bernapas juga menjadi cara paling utama untuk membersihkan pikiran Anda, meningkatkan energi dan memperbaiki keadaan jiwa. Latihlah pernapasan Anda setiap hari dengan menariknya dalam-dalam, perlahan-lahan, berirama, dengan disiplin tubuh dan jiwa seperti tai-chi, yoga, qigong, dan meditasi.
  6. PenciumanRiset membuktikan bahwa penciuman memiliki dampak tertentu terhadap tubuh dan jiwa kita. Ketika kita menstimulsi syaraf penciuman di dalam hidung kita, maka kita akan mengaktifkan sistem yang sedang tidak menentu pada otak kita, yang berkaitan dengan keadaan jiwa dan memori kita.
    Konsep ini merupakan cara menuju pencapaian aromatherapy (terapi aroma), tradisi kesehatan alamiah yang membuat penggunaan daya penyembuhan pada tanaman dengan wewangiannya yang kuat.
    Aromaterapi menganjurkan perawatan depresi dengan bunga melati, eucalyptus (kayu putih) untuk menciptakan perasaan gembira, dan jeruk yang besar untuk meningkatkan kewaspadaan dan perasaan gembira. Cukup dengan colekan minyak yang terbuat dari tanam-tanaman itu di kening Anda, di leher bagian belakang, atau pada titik-titik tertentu.
    Opsi lain? Rebuslah tanaman yang diperlukan dan hiruplah uap yang dikelurakannya melalui hidung Anda.
  7. Bunga Menyegarkan
    Ada alasan mengapa bunga memiliki sifat penyembuhan tradisional. Bunga berwarna-warni memiliki pengaruh sangat kuat terhadap keadaan jiwa dan perasan kita. Bunga bisa meningkatkan kestabilan keadaan jiwa pasien dan bahkan menghilangkan stres.
    Sebuah penelitian membuktikan bahwa ketika menjalankan tugas mengetik selama lima menit, orang yang duduk dekat sebuah buket bunga jauh lebih santai dibandingkan mereka yang duduk di dekat tanaman yang hanya terdiri dari daun-daunan.
    Semoga tip di atas bisa membantu Anda mendapatkan aliran perasaan yang enak.

0 komentar:

Poskan Komentar